hamil-muda

Wednesday 28 May 2014

// // Leave a Comment

Hamil Muda Bolehkah Makan Pedas?

Hamil Muda Bolehkah Makan Pedas?
Hamil Muda Bolehkah Makan Pedas?

Pertanyaan yang satu ini pun sering kali muncul tentang apakah makanan pedas dapat berdampak buruk pada ibu hamil muda terlebih saat kehamilan itu adalah yang pertama. Banyak pula studi yang telah membahas tentang efek makan pedas bagi kandungan atau janin. Tidak sedikit yang bilang jika seseorang sedang hamil terlebih usai kehamilan masih muda tidak boleh mengkonsumsi segala jenis makanan yang pedas.

Beberapa pakar mengatakan sebenarnya pernyataan tersebut tidak benar ataupun tidak salah hanya sedikit kurang tepat saja. Namun jika ditelaah lebih jauh, sebenarnya mengkonsumsi makanan pedas yang berlebih akan berefek tidak baik bahkan bagi orang normal dalam artian sedang tidak berbadan dua. Memang gejala yang disebabkan oleh makanan pedas ini terjadi tidak pada semua ibu hamil, ini tergantung dari ketahanan fisik sang ibu sendiri.

Ada sebagian ibu yang aman-aman saja saat mengkonsumsi makanan pedas ada juga yang akan langsung memberikan reaksi. Perlu kita ketahui jika pada dasarnya mengkonsumsi makanan yang pedas yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Kondisiibu hamil muda cenderung sedikit lebih sensitif dibandingkan dengan kondisi orang normal.

Pada saat mereka mengkonsumsi makanan pedas mereka lebih mudah terkena gangguan pencernaan seperti diare. Diare ini pada akhirnya akan mengakibatkan gejala kekurangan air atau dehidrasi pada ibu dan juga janin. Selain itu mengkonsumsi makanan pedas juga dapat meningkatkan morning sickness. Morning sickness akibat dari perubahan kadar hormon seperti mual, muntah, dan lain-lain pada ibu hamil muda dapat meningkat dengan konsumsi makanan pedas tersebut.

Selain itu, makanan pedas juga dapat meningkatkan kadar pelepasan zat prostaglandin yang menyebabkan kontraksi seperti pada saat melahirkan. Pelepasan zat prostaglandin ini akan menginduksi atau mempengaruhi otot halus untuk kontraksi. Sedangkan pada masyarakat tradisional mengkonsumsi makanan pedas pada saat hamil dapat mengakibatkan si calon bayi lahir dengan rambut tipis.

Belum ada penjelasan ilmiah tentang mitos ini, mengapa zat yang terkandung dalam cabai dapat menyebabkan rambut pada bayi menjadi tipis. Para ahli mengatakan sebenarnya makan makanan pedas tidak hanya bisa mengakibatkan beberapa efek buruk pada sang ibu. Mereka menjelaskan jika sebenarnya ada hal positive yang dapat diambil dari konsumsi makanan pedas pada saat ibu hamil muda. Mereka menekankan bahwa makanan pedas aman dikonsumsi bagi ibu hamil karena dapat membantu sang janin dalam penyerapan nutrisi dari sang ibu.

Walaupun makanan itu pedas sebenarnya tidak berbahaya bagi kondisi ibu dan jabang bayi. Konsumsi makanan pedas bagi ibu hamil muda memang memiliki sisi negatif dan positive. Tidak ada larangan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas asalkan mereka tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Meskipun konsumsi makanan pedas dapat membantu dalam induksi saat persalinan namun jika takaran konsumsinya berlebihan juga tidak akan berdampak baik. Jadi sebaiknya untuk para calon ibu lebih berhati-hati dan jangan berlebihan saat mengkonsumsi makanan pedas.

Description: Ibu hamil muda saat mengkonsumsi makanan pedas dapat memberikan efek positive namun juga bisa berdampak negative ketika mengkonsumsinya secara berlebihan.

0 comments:

Post a Comment